Al Azhar adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 970 Masehi yang mempunyai jenjang pendidikan dari tingkat sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Universitas Al Azhar adalah universitas Islam terbesar di dunia saat ini, dimana mahasiswanya datang dari 65 negara. Sebagai sebuah universitas modern, Al Azhar turut membuka model kuliyah yang dapat diklasifikasikan kedalam dua kelompok yaitu Ilmiyah (sains) dan Adabi (agama). Meskipun demikian, bukan berarti Al Azhar memisahkan antara studi umum dan agama, akan tetapi lebih sebagai upaya menuju spesialisasi bidang studi bagi para mahasiswanya. Al Azhar juga menyediakan fakultas khusus putri (Kulliyatul Banat) yang terpisah dari putra (Kulliyatul Banin).

Fakultas Agama

Jenjang study meliputi:

  • Under Gradute (S1)

  • Post Gradute (Dirasat Ulya atau S2/S3)

Masa pendidikan resmi di Al Azhar selama 4 tahun kecuali untuk fakultas Syari’ah jurusan Syari’ah wal Qonuun masa pendidikan selama 5 tahun. Sedangkan untuk program magister hanya menjalani studi 2 tahun kemudian di lanjutkan dengan menulis thesis secara terpisah. Proses penerimaan mahasiswa S2 di Al Azhar dilakukan melalui tes hapalan Al Qur’an sebanyak 8 juz, sehingga kesempatan lebih terbuka tanpa membedakan nilai akhir. Sedangkan untuk S3 cukup dengan mengajukan disertasi.

 

Diantara dispensasi yang diberikan Al Azhar terhadap pelajar dan mahasiswa yang belajar Islam adalah bebas biaya pendidikan. Mahasiswa hanya diwajibkan membeli diktat diktat kuliyah dan sedikit biaya administrasi pembuatan kartu mahasiswa.

Adapun Fakultas agama putra adalah:

  • Fakultas Syari’ah Wal Qaquun (law And Juresprudensy) dengan dua jurusan Syari’ah Islamiyah dan Qonuun.

  • Fakultas Ushuluddin (theology) dimana penjurusannya dimulai dari tingkat tiga yang meliputi jurusan Tafsir Ilmu Tafsir, Hadits ilmu Hadist, Aqidah & Filsafat serta jurusan Ilmu Dakwah.

  • Fakultas Lughah Arabiya (Bahasa Arab), penjurusannya dari tingkat satu yaitu meliputi; jurusan al Lughah al ‘Arabiyah Wal Adab (Sastra Arab), jurusan Tarikh wal Hadlarah (Sejarah dan Kebudayaan) serta jurusan Shahafah Wal I’lam (publishing).

  • Fakultas Dirasat Islamiyah wal Arabiyah (Studi Arab dan Islam) hanya membuka jurusan umum saja.

  • Fakultas Dakwah Islamiyah (khusus) untuk mahasiswa dari negara negara Arab saja.

Sedangkan untuk putri, agak berbeda dengan putra dimana Ilmy(sains) hanya menginduk ke satu fakultas yaitu Studi Islam akan tetapi mempunyai jurusan (cabang) yang bermacam macam, antara lain:

  • Jurusan Syari’ah dengan jurusan Syari’ah Islamiyah.

  • Jurusan Ushuluddin, penjurusannya dimulai dari tingkat 3 meliputi, jurusan tafsir dan Ulumul Qur’an, Jurusan Hadist dan Ulumul Hadist serta jurusan Lughoh Arabiyah dan Adab.

Secara umum mata kuliyah mata kuliyah yang diberikan untuk putera sama dengan putri dan khusus untuk Al Qur’an mahasiswa non Arab hanay di wajibkan menghafal 2 juz setiap tahun ajarannya.

Sekolah Al Azhar

Bagi mahasiswa asing yang belum mempunyai ijazah yang di akui untuk masuk ke Al Azhar, Al Azhar menyediakan sekolah yang di sebut Ma’had Bu’ust Al Islamiyah denagn jenjang pendidian sama dengan di Indonesia dengan terlebih dahulu melalui ujian masuk guna menentukan jenjang pendidikannya.

Acuan Dan Persiapan Cepat sebelum pergi Ke Mesir

A. Surat Menyurat.

  • Ijazah Man asli, berikut photo copy ijazah yang telah di legalisir sekolah atau depag setempat atau ijazah yang diakui oleh Al Azhar seperti ijazah dari pondok pondok pesantren seperti:PP Darussalam Gontor, PP Walisongo Ngabar, PP At Taqwa dan lain sebagainya dan ijazah jangan sampai dilaminating.

  • Akte kelahiran asli dan photo copy.

  • Pas photo berwarna 4×6 sebanyak 30 lembar

  • Tiap kopian surat menyurat dibuat 10 lembar.

  • Kartu Keluarga (KK) asli.

Guna Mendapatkan Visa di Kedutaan Mesir di Jakarta, maka seluruh berkas diatas harus diwakilkan kepada salah salah seorang di Mesir seperti mahasiswa dan lainnya dengan mengirimkan:

  • Surat kuasa yang dibuat di depan notaris serta di legalisasikan oleh Departemen Luar Negeri Republik Indonesia dan Kedutaan Mesir di Jakarta.

  • Mengirimkan Ijazah, lengkap dengan daftar nilai, beserta surat menyurat diatas.

  • Keterangan jurusan yang akan di ambil.

  • Riwayat hidup dan pendidikan.

  • Photo copy passport halaman depan dan seluruh halaman yang ada keterangannya.

Persiapan lainnya:

  • Pakaian musim dingin

  • Kamus Bahasa Arab dan Inggris.

  • Obat Obatan ringan

  • Uang saku untuk persiapan awal lebih kurang US$ 700 (Tujuh Ratus Dollar US ).

Selanjutnya calon mahasiswa menunggu datangnya tanda bukti (ishol) bahwa mahasiswa tersebut telah terdaftar di Universitas Al Azhar untuk pengambilan visa di Kedutaan Besar (Kedubes) Mesir Jakarta.

Waktu pendaftaran berkisar sekitar bulan September s/d Oktober dan proses di Mesir dapat dibantu oleh salah seorang mahasiswa Al Azhar Mesir

47 thoughts on “Panduan Singkat Kuliah di Azhar Kairo

  1. nenny

    Saya punya anak lulusan S1 jurusan sastra arab , ingin melanjutkan s2 ke kairo . Mohon masukkan persyaratan yg hrs dipenuhi , kapan proses pendaftaran & bgmn ? Bgmn dg biaya hidup disana ….tks .

    1. suwargono Post author

      Biaya hidup disana relatif sama dengan di Indonesia bu, untuk lebih jelasnya coba hubungi Amrizal Batubara (Presiden PPMI Mesir) 081382073411, 085719584224

  2. Wisnu Prasetio

    Assalamualaikum,,
    permisi,,
    Saya masih SMK,
    jurusan otomotif,
    tapi saya pengen kuliah di Al-Azhar Kairo,
    Gimana yah, Caranya biar Bisa masuk kesana Pak/Bu?

    Terimakasih Sebelumnya 😀

  3. abdullah

    assalamu alaikum wr wb saya sekarang semester tiga jurusan pendidikan di universitas STAI sekaligus masuk mahad aly . Dan rencana selesai di STAI Langsung ingin melanjutkan kuliah di mesir untuk LC. maka saya masih bisa mengambil pendidikan LC walau saya sudah serjana S1 . . .09

    1. abdullah

      assalamu alaikum wr wb saya sekarang semester tiga jurusan pendidikan di universitas STAI sekaligus masuk mahad aly . Dan rencana selesai di STAI Langsung ingin melanjutkan kuliah di mesir untuk LC. apakah saya masih bisa mengambil pendidikan LC walau saya sudah serjana S1? . . .09

  4. abdullah

    assalamu alaikum wr wb saya sekarang semester tiga jurusan pendidikan di universitas STAI sekaligus masuk mahad aly . Dan rencana selesai di STAI Langsung ingin melanjutkan kuliah di mesir untuk LC. apakah saya masih bisa mengambil pendidikan LC walau saya sudah serjana S1 . . .09

  5. intan

    assalamualaikum aku mau tau info S2 al azhar dong.
    aku s1 nya bukan sekolah islam jurusanya juga bukan islam. kalo aku mau ambil S2 di alazhar fakultasnya islam bisa ga ?
    kalo bisa syaratnya apa aja ?
    mohon infonya ya makasih 🙂

  6. intan

    assalamualaikum gan. mau inffo S2al azhar dong.
    saya mau lanjut s2 tapi saya bukan dari univ islam. jurusan saya juga bukan jurusan islam apakah bisa melanjutkan s2 di alzhar? saya ingin mengambil jurusan bahasa arab di alazhar apakah bisa ??
    tolong infonya ya gan makasih 🙂

  7. umi nyr haafidah

    mbak kira-kira apa ya persiapan yg di butuhkan untuk bsa sekolah disana untuk orang yg bru mondok
    skrng msh kls 1 aly mondok di ptk tpi kepengen kuliah dsna

  8. Husni Maulana

    Assalamu’alaikum… mas. Mau nanya

    Klo beasiswa ke al azhar kairo biasanya buka pendaftaran dan seleksi tanggal berapa ya?
    saya ingin melanjutkan kesana. Dan mau nanya juga persyaratan yang harus dipenuhi apa aja.? Matur nwun nggih mas…a

  9. yolanda mauly

    Ihh subhanallah al-azhar , itu cita” sayaa , saya masih SMA ,ingin banget lanjut s1 di al-azhar cuman masih ga ngerti sma cara masuknya boleh di jelasin lebih rinci gaa ?

  10. alfan

    .assalamualaikum
    .saya mau tanya…saya ingin sekolah di al azhar..tapi sya blum hafal al quran..tapi saya lulusan man..apakah biasa kalau bisa syartnya apa dan test nya apa…wassalamualaikum wr.wb

  11. lilik muharian sari

    asslmkm mas/mbk
    sy mau tanya kira2 biaya kuliah disana khususnya jurusan kedokteran mahal nggk yaa, trus info yg lain biaya hidup disana tlg dong infonya makasih wslmkm

  12. Annissa

    Kak, mau tanya dong. Kalo dari d3 bisa gak lanjut s1 ke al azhar kairo? Aku d3 nya bukan jurusan islam bisa gak yah kira2, aku pengen banget kuliah disana

  13. Uus

    Afwan.. akh..
    Sebelumnya saya ingin sekali kuliah di al-azhar tetapi terlanjur kuliah dan saya msih ingin sekali untuk studi di mesir, kebetulan jurusan 6ang saya pilih sastra arab, jika saya ingin melanjutkan ke mesir dengan mentransfer nilai ke mesir apakah bisa..?

    1. suwargono Post author

      coba tanya ke coba hubungi Amrizal Batubara (Presiden PPMI Mesir) 081382073411, 085719584224.Mudah2an masih bisa

  14. REZA KHAIRUNNISA

    Assalamualaikum

    Di al-alzhar bahasa pembelajarannya full arab ga?
    Atau dimixing bahasa inggris juga ?
    Khusus buat fakultas kedokterannya.

    Itu persyaratannya ikhwan dab akhwat sama aja ya? ga ada perbedaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *