TUNA SATAK BATHI SANAK Dalam Berbisnis

Pepatah Jawa yang artinya kurang lebih, “rugi sedikit tapi dapat keuntungan persaudaraan” Pepatah ini ingin mengajarkan bahwa sekalipun dalam dunia dagang yang pertimbangan utamanya hanyalah mencari untung dan untung, bagi orang Jawa kerugian sekian uang tidak mengapa asal (masih) bisa mendapatkan sedulur saudara atau teman.

Teman (dalam arti sesungguhnya) tampaknya memang menjadi pilihan yang lebih mempunyai makna daripada sekadar uang (material). Pada sisi lain pepatah ini juga mengajarkan bahwa sedulur (sanak) jauh lebih menguntungkan daripada seukuran uang dalam sesaat. Jika dilihat lebih lanjut, maka teman atau sedulur itu di kemudian hari dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih besar daripada seukuran uang pada saat transaksi jual beli terjadi.

Jika memang sedulur itu menyedulur menyaudara dengan kita, dapat dipastikan bahwa ia (mereka) akan membantu kita jika kita mendapatkan kesulitan. Bantuan dari orang yang demikian itu tanpa kita sadari nilainya jauh lebih besar dibandingkan ketika kita mendapatkan uang satak pada saat kita melaksanakan transaksi jual beli di masa lalu.

Dengan adanya rasa menyedulur itu, orang yang bersangkutan tidak akan owel sungkan/enggan memberikan bantuannya dalam bentuk apa pun yang sesungguhnya tidak bisa kita ukur dengan sekadar hanya uang atau material. Dalam kali lain, orang yang bersangkutan bisa jadi akan membeli produk atau dagangan yang kita jual tanpa perlu lagi menawar karena di masa lalu ia pernah mendapatkan kemurahan dari kita yang berupa satak (satu ukuran uang). Pepatah ini sesungguhnya menunjukkan betapa optimisnya orang Jawa dalam menyikapi hidup.

Mungkin tidak perlu rugi dalam perniagaan namun jangan terlalu mementingkan dan mengutamakan uang. Beberapa kali saya sendiri sering pas-pasan dalam mengambil keuntungan, namun klien atau konsumen puas sehingga bukan hanya akan membeli lagi ke kita tapi juga merekomendasikan.

Cekap semanten, matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *