Nyalakan lilinmu

Era sekarang ini kita banyak sekali di cekoki media massa baik televisi, koran radio bahkan sosial media seperti Facebook dan Twitter dengan berbagai macam berita buruk mulai dari kriminalitas, korupsi dsb. Seolah-olah kondisi bangsa ini memang sudah remuk redam tak tertolong. Kemudian banyak dari kita mulai mengecam pelaku. Jangankan pelaku kejahatan atau korupsi, berbeda pendapat aja langsung akan menuai kecaman bahkan di bully habis2an di sosial media. Saya tidak ingin membicarakan kecaman, bagi saya biarkan saja para pengecam / pelaku bullying. Saya menolak untuk mengutuk kegelapan, saya memilih untuk menyalakan lilin. Dengan apa ? dengan berbuat baik untuk sesama. Bagikan apa yang kita miliki seperti ilmu pengetahuan, senyum, waktu, doa dsb. Lihat Pak Habibie ! beliau menjawab merosotnya mental bangsa dengan membuat pesawat terbaik didunia, lihat Pak Dahlan Iskan ! beliau menjawab dengan bekerja dan bekerja, lihat Pak Jokowi ! menjawab dengan lebih banyak mendengarkan keluhan masyarakat. Jika kita melihat banyak teman kita belum bisa sholat awal waktu atau tepat waktu, tolong jangan mengecamnya dengan kata-kata yang tidak enak, Ayo kita memilih untuk mendoakan mereka agar bisa sholat awal waktu/tepat waktu. Bukankah kita diminta untuk berdakwah dengan baik ? ]ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ[

Serulah (manusia) ke jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhan-mu, Dialah Yang Mahatahu tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah Yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS an-Nahl [16]: 125).
Jika bukan kepada Allah kita yakin dan mengikuti perintah Nya, lalu kepada siapa ? Jika Bukan Rasulullah yang kita tiru lalu siapa ?
Jangan menutuk dalam kegelapan, nyalakan lilin untuk meneranginya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *