Memilih Biro Umroh yang benar

Saat ini untuk pendaftaran haji harus menunggu sampai lama, sehingga banyak orang kemudian berumroh. Hati-hati dalam memilih biro umroh terutama biro umroh di semarang, Ingat kasus salah satu biro umroh terkenal di semarang yang dikejar-kejar calon jamaahnya ?

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita hendak mendaftar umroh ?

1. Pesawat yang digunakan

Apakah pesawat yang digunakan langsung menuju madinah atau makkah ? karena beberapa pesawat transit terlebih dahulu. terkadang ketika transit kita direpotkan dengan barang bawaan. apalagi jika jamaah umroh sudah berumur tua, perlu dijaga kondisi fisiknya.

2. Akomodasi

Patokannya jika di Makkah adalah seberapa jauh dari Masjidil Haram ?

Kalau di Madinah, seberapa jauh dengan Masjid Nabawi ?

Tentunya kita tidak ingin melewatkan sholat jamaah di kedua masjid tersebut karena pahalanya 1000x

Saya pernah baca jemaah yang tersesat ketika naik taksi hendak ke Masjidil Haram dikarena kemampuan bicara yang terbatas.

3. Adakah Muthowif (Pembimbing) selama di Saudi

Muthowif dari Indonesia saja terkadang tidak cukup, karena budaya masyarakat Arab yang berbeda. Minimal muthowifnya walaupun orang Indonesia namun cukup lama tinggal di Arab Saudi.

4. Kebutuhan Khusus

Jika anda atau keluarga ada yang memerlukan kebutuhan khusus (usia lanjut atau kursi roda) pastikan terlayani dengan baik

5. Hemat dan Murah ?

Bandingkan dengan baik fasilitasnya, Saran saya jangan pilih umroh murah. Kenapa ? karena ini sangat berhubungan dengan fasilitas dan layanan. Maaf, yang murah biasanya sekedarnya dalam pelayanan.

6. Pengalaman

Cari Biro Umroh yang berpengalaman, bisa dilihat dari rapinya jadwal umroh yang mereka susun, paket-paket umroh yang jelas. Muthowif yang berorientasi ibadah (ustadz atau kyai atau syeh), bukan artis dll.

7. Lama Umroh

Lama Umroh biasanya skitar 9-12 hari perjalanan. Liat baik-baik jadwal hariannya

8. Rekomendasi

Tanya kepada orang yang sudah pernah melakukan umroh dengan biro umroh tersebut. apakah memang baik atau sekedar iklannya aja yang menarik.

Demikian sharing dari saya, semoga biosa membantu kebutuhan informasi mengenai umroh. Semoga kita semua bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh dengan mabrur. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *