Beli Rumah Murah atau Beli Tanah Kavling?

Sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/10/16/beli-rumah-murah-atau-beli-tanah-kavling–600857.html

Kenaikan BBM yang lampau sedikit banyak telah mempengaruhi berbagai macam harga termasuk sektor properti. Untuk Masyarakat menengah ke bawah, kebutuhan Papan menjadi lebih sulit untuk terealisasi. Setidaknya ada 2 pilihan dari masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki rumah (walaupun mungkin belum seperti yang diidamkan).

Pilihan Pertama adalah membeli rumah murah, apa yang harus di pertimbangkan dalam hal membeli rumah yang murah ?

1. Letak rumah, bisa dipastikan biasanya agak berada di daerah pinggiran, jadi kita harus mempertimbangkan jarak dan jalur tempuh dari rumah ke kantor baik memaikai kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Kalo suami istri bekerja dan kebetulan berlawanan arah, alternatif terbaik adalah salah satu mungkin harus menempuh jarak lebih panjang.

2. Kualitas Bangunan, seringkali kualitas bangunan tidak begitu baik sehingga kita perlu mempunyai sedikit tabungan untuk biaya perbaikan.

3. Prospek wilayah atau daerah dimana biasanya jika kita sudah memiliki dana lebih, pilihannya adalah memperbaiki atau meningkatkan bangunan rumah atau membeli properti baru yang lebih baik.

4. Luas tanah, apakah memungkinkan untuk memperluas bangunan atau taman ?

Pilihan kedua adalah berupa tanah kavling, apa saja yang menjadi pertimbangan ?

1. Sama seperti rumah, posisi atau letak tanah yang kita beli, bagaimana prospek ke depan.

2. Luas tanah, Untuk mewujudkan rumah idaman yang akan dibangun, perhatikan luas tanah, apakah sudah sesuai dengan gambar yang kita rancang ?

3. Budgeting harus cermat, cara terbaik sebelum membangun rumah adalah dengan bertanya ke toko bangunan terdekat  mengenai harga bahan bangunan dan kenaikannya rata2 pertahun.

4. Membangun sendiri atau kontraktor ? pastikan anda mengenal kontraktor dengan baik. Cari rekomendasi dari teman yang dapat di percaya dengan melihat rumah teman anda tadi.

Demikian semoga bermanfaat. Salam Hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *